Jelang Ramadan, Harga Gas Tiga Kilogram Tembus Rp 20 Ribu

Mendekati Ramadan orang-orang di Bogor kesusahan memperoleh gas elpiji tabung tiga kg.

Kelangkaan ini menyebabkan harga gas naik jadi Rp 20 kg per tabung. " Telah lebih 1 minggu di seluruhnya warung serta pengecer senantiasa kosong, " kata Umi Kokom, 62 th., ibu rumah-tangga asal Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat, 5 Juni 2015.

Untuk memperoleh gas, Umi mesti berkeliling ke beberapa warung di Kota Bogor.  " Suami saya baru dapat memperoleh gas tiga kilo di Warung Jambu, sesudah berkeliling kian lebih tiga jam serta itu juga harga nya Rp 20 ribu, " kata dia.

Walau sebenarnya, sampai kini harga gas tabung tiga kg cuma Rp 17 ribu. " Terkecuali harga nya lebih mahal, yang memiliki warung juga membatasi pembelian gas optimal tiga tabung saja, dengan argumen supaya yang lain kebagian, " kata Umi yang juga berjualan nasi di seputar Gelanggang Berolahraga Pajajaran, Kota Bogor. Dia menyampaikan, kelangkaan sejenis ini senantiasa berlangsung mendekati Ramadan serta Lebaran.

Kepala Bagian Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian, serta Perdagangan Kota Bogor Mangahit Sinaga menyampaikan, Pemerintah Kota Bogor umumnya bakal ajukan keinginan menambahkan kuota gas tiga kg pada Pertamina lewat Himpunan Wiraswasta Minyak serta Gas (Hiswana Migas) pada hari-hari besar.

 " Bisanya mendekati Lebaran, Natal, th. baru, serta mendekati Ramadan seperti sekarang ini, kami bakal ajukan ekstra dropping, " kata dia. Keinginan menambahkan jatah itu umumnya 10 % dari kuota keperluan Kota Bogor. " Keperluan gas untuk Kota Bogor sejumlah 800 ribu tabung per bln., " kata dia.

Mangahit mengharapkan supaya orang-orang melaporkan agen-agen penjual gas di lokasi Kota Bogor yang memakai kelangkaan gas mendekati Ramadan ini dengan menambah harga. " Pemerintah Kota Bogor telah memastikan harga eceran paling tinggi (HET) untuk gas tiga kg sebesar Rp 16 ribu per tabung. Bila mereka menambah harga kian lebih itu, kami bakal tegur bahkan juga dapat dicabut izinnya, " kata dia.

Di lain pihak, Ketua Hiswana Migas Bogor Bahriun menyampaikan untuk menghadapi ada kelangkaan pasokan gas mendekati Ramadan, pasokan gas elpiji tiga kg bakal ditambah sebesar 25 %. ”Jika masih tetap kurang jadi dapat kami lebih lagi, " kata dia.

Menurutnya, kuota elpiji tiga kg di lokasi Bogor per bulannya sejumlah 4, 3 juta tabung. Tetapi untuk bln. Juni bakal memperoleh ekstra dropping sejumlah 500 ribu tabung. " Hingga untuk bln. ini kuotanya sejumlah 4, 8 juta tabung, " tuturnya.

0 Response to "Jelang Ramadan, Harga Gas Tiga Kilogram Tembus Rp 20 Ribu"

Poskan Komentar