Jelang Ramadan, Harga Gula Melambung ke Rp 12.300 per Kg

Kepala Dinas Perindustrian serta Perdagangan Manado Dante Tombeg menyampaikan harga gula pasir menyentuh angka Rp 12. 300 per kg mendekati Ramadan 1436 Hijriah.

 " Dalam dua minggu, harga gula pasir melonjak naik dari Rp 10. 000 jadi Rp 12. 300 per kg, " kata Dante di Manado, Jumat, 12 Juni 2015.

Dante menyampaikan, berdasar pada kontrol lapangan di gudang-gudang bahan pokok oleh tim Pemerintah Kota Manado yang di pimpin Wakil Wali Kota Harley Mangindaan, beberapa distributor mengaku kenaikan harga itu. Kenaikan harga, kata dia, berlangsung dari tingkat pabrikan sampai berimbas pada beberapa pedagang pengecer, baik di pasar tradisional ataupun moderen.

 " Seperti yang disadari oleh distributor CV Ichtiar serta UD Padimas, harga gula memanglah telah naik dari pabrik hingga mereka juga menjualnya lebih tinggi, " tutur Dante.

Dante menyampaikan, pada awal Juni, harga gula pasir masih tetap Rp 605 ribu untuk paket 60 kg, saat ini telah menyentuh Rp 630 ribu untuk paket yang sama. Kenaikan itu, kata dia, bikin harga gula di market melonjak dari Rp 10. 250 per kg jadi Rp 12. 300 per kg di pasar moderen ataupun tradisional.

Tetapi, Dante menyampaikan, walau harga gula pasir naik, persediaan di gudang-gudang terus cukup bahkan juga lebih, hingga akan tidak berlangsung kelangkaan seperti yang di kuatirkan orang-orang. Dia juga menyampaikan kenaikan harga gula pasir itu bukanlah lantaran kelangkaan, namun lebih pada mekanisme pasar—ketika keinginan tinggi jadi dengan sendirinya harga juga naik.

 " Kami imbau warga tak perlu cemas dengan gula lantaran terus aman ada di gudang-gudang, bahkan juga hingga September kelak, " papar Dante.

0 Response to "Jelang Ramadan, Harga Gula Melambung ke Rp 12.300 per Kg "

Poskan Komentar