Pertolongan Pertama Ketika Gadget Terkena Air

Salah satu musuh paling utama dari barang elektronik yaitu air. Oleh karena itu, beberapa yang memiliki barang elektronik, terlebih gadget mesti sangatlah waspada bila ada air di dekat gadget-nya. Air yang disebut salah satu medium penghantar listrik yang baik (konduktor) tentu sangatlah beresiko untuk gadget Anda, lantaran bisa menyebabkan jalinan pendek yang berbuntut pada rusaknya gadget Anda.

Lantas bagaimanakah bila gadget Anda terserang air? Sesungguhnya, terdapat banyak cara pertolongan pertama yang bisa ditempuh saat sebelum Anda membawanya ke pusat reparasi atau pusat klaim garansi. Tersebut disini cara pertolongan pertama pada gadget yang terserang air :

1. Jauhkan atau angkat gadget Anda dari air secepat mungkin
Hal pertama yang perlu dikerjakan saat tahu gadget Anda terserang air yaitu selekasnya menjauhkannya dari sumber air itu.

2. Cabut baterai
Bila gadget Anda masih tetap memakai baterai terpisah (removable batterai), secepat mungkin untuk keluarkan baterai itu. Baterai yaitu sumber listrik sebagai penyebab paling utama ada jalinan pendek di sirkuit gadget Anda. Mencabut baterai bakal menghindari gadget Anda alami jalinan arus pendek.

3. Keringkan sisi luar serta dalam
Sesudah meyakinkan tak ada lagi listrik yang mengalir di gadget Anda dengan mencabut baterainya, langkah setelah itu yaitu mengeringkan sisi luar serta dalam. Langkahnya cukup gampang, pakai lap kering serta singkirkan air yang ada dibagian luar bodi. Untuk sisi dalamnya, Anda bisa membongkar gadget Anda serta mengawali mengeringkan bekas air yang ada di dalamnya. Bila Anda tak dapat membongkarnya, dua cara setelah itu yaitu cara alternatif lain untuk mengeringkan sisi dalam tanpa ada mesti membongkar sisi dalamnya.

4. Rendam gadget dengan serbuk silika atau beras
Bila Anda tidak dapat membongkar sisi dalam gadget Anda, cobalah rendam dengan serbuk silika. Serbuk silika bisa diketemukan di beberapa peralatan rumah tangga atau sepatu, serta umumnya dibungkus dengan tulisan " janganlah dikonsumsi ". Bila tak memiiki bubuk silika, Anda masih tetap dapat mengunakan beras untuk menyerap air yang ada didalam bodi gadget Anda. Walau tak seampuh bubuh silika, tetapi cara memakai beras masih tetap cukup bisa dihandalkan.

5. Pakai alkohol untuk menukar air yang ada didalam gadget Anda
Alkohol yaitu cairan yang mempunyai karakter tidak sama dengan air. Alkohol gampang sekali menguap, serta tidak bisa mengahantarkan listrik (spesial alkohol yang memakai air suling). Memakai alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 % yaitu cara yang cukup ampuh untuk menyingkirkan air dari dalam bodi gadget Anda. Siram gadget Anda dengan alkohol dengan cara perlahan-lahan serta tunggulah sampai alkohol itu menguap.

Butuh dicatat bahwa ke lima cara itu yaitu cara darurat serta tidak menanggung gadget Anda bakal sembuh kembali. Walau sekian, ke lima cara itu bakal menolong gadget Anda terlepas dari rusaknya komponen yang lebih fatal.

0 Response to "Pertolongan Pertama Ketika Gadget Terkena Air"

Posting Komentar