Waspada, Aplikasi Android Bisa Ganggu Privasi Anda

Sebelum mengunduh aplikasi lewat Play Store, Anda pasti lihat ada jendela yang nampak serta memberitahu bahwa aplikasi yang akan didownload membutuhkan akses ke beberapa data di smartphone Anda. Apakah Anda senantiasa memerhatikan baik-baik ketetapan itu saat sebelum menghimpit Accept?

Bila tidak mau data-data pribadi Anda jadi korban, baiknya Anda mulai memerhatikannya.

Ada beberapa “permission” atau akses yang diperlukan suatu aplikasi agar bisa bekerja dengan baik, salah satunya akses untuk data kontak, SMS, MMS, photo, jati diri hp, tempat, koneksi internet, serta ada banyak lagi.

Tetapi tidak seluruhnya aplikasi memerlukan akses itu. Mari menyimak lebih dalam akses apa yang sesungguhnya disebut dalam perizinan aplikasi.

Bikin panggilan telepon

Sebagian aplikasi bakal meminta restu untuk terhubung telephone serta bikin panggilan. Aplikasi yang memerlukan akses ini, umpamanya Google Voice, lantaran aplikasi itu terkait dengan komunikasi yang Anda bisa kerjakan nanti. Di segi lain, aplikasi seperti Perfect Piano pasti tidak memerlukan akses ini.

Akses SMS

Beberapa aplikasi, satu diantaranya WhatsApp, memerlukan akses pada SMS yang ada di hp Anda. Aplikasi yang memerlukan akses ini umumnya yaitu aplikasi yang sangat mungkin pemakai kirim beragam media. Bila tak, jadi Anda butuh berprasangka buruk.

Tahu kontak

Daftar nomer yang ada di hp Anda yaitu salah satu privacy Anda. Tetapi sebagian aplikasi mau tahu supaya bisa berperan dengan baik. Misalnya, lagi-lagi, yaitu WhatsApp. Aplikasi mengirim pesan membutuhkan akses ini, serta itu lumrah. Jadi kurang lumrah bila aplikasi yang tidak mempunyai manfaat untuk bersosialisasi atau komunikasi nyatanya juga meminta akses untuk data ini.

Data ini yaitu salah satu yang sangatlah privacy. Dengan memberi akses pada aplikasi pada data ini, bermakna aplikasi itu bisa tahu waktu hp Anda berdering, serta tahu nomer IMEI, dan jati diri yang lain. Bila aplikasi yang akan Anda unduh meminta akses ini, jadi berikanlah izin cuma bila Anda yakin pada developer, serta aplikasi itu betul-betul Anda butuhkan. Anda dapat juga kirim e-mail pada developer serta bertanya detail tentang akses ini serta fungsinya untuk aplikasi.

0 Response to "Waspada, Aplikasi Android Bisa Ganggu Privasi Anda"

Poskan Komentar