Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Yogya Naik

Harga ayam potong di beberapa pasar tradisional di Kota Yogyakarta naik cukup banyak sekira Rp2. 000 per kg satu minggu mendekati bln. puasa di banding minggu pada awal mulanya.

“Harga bahan keperluan pokok relatif stabil, tetapi untuk ayam potong alami kenaikan harga yang cukup banyak, ” kata Kepala Bagian Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi serta Pertanian Kota Yogyakarta, Sri Harnani.

Ayam potong di Pasar Beringharjo di jual dengan harga Rp32. 000 per kg dari harga pada awal mulanya Rp30. 000 per kg, sedang harga rata-rata ayam potong waktu situasi normal sekitar pada Rp25. 000 per kg sampai Rp27. 000 per kg.

Sri Harnani menilainya, kenaikan harga yang cukup tinggi untuk ayam potong dipicu tingginya keinginan dari orang-orang sedang pasokan condong stabil.

Disamping itu, harga keperluan pokok yang lain seperti telur ayam terus stabil yakni di jual pada harga Rp21. 000 per kg. Harga jual itu juga cukup tinggi lantaran rata-rata harga telur ayam yaitu sekira Rp17. 000 per kg.

Beras di jual dengan harga stabil yakni sekira Rp9. 000 per kg untuk beragam type beras, gula pasir di jual dengan harga Rp12. 000 per kg, bawang merah Rp25. 000 per kg, serta bawang putih di jual dengan harga Rp16. 000 per kg sampai Rp18. 000 per kg.

Cabai merah di jual dengan harga Rp25. 000 per kg, cabai merah keriting Rp23. 000 per kg, serta cabai rawit Rp18. 000 per kg.

“Harga beragam sayuran juga terus stabil. Pasokan bahan keperluan pokok juga terus lancar hingga keperluan orang-orang dapat dipenuhi, ” tuturnya.

Terkecuali harga bahan keperluan pokok yang condong stabil tinggi, harga daging sapi di pasar tradisional malah turun jadi Rp95. 000 per kg dari harga pada awal mulanya yang pernah menyentuh Rp100. 000 per kg.

Pada awal mulanya, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyampaikan, pemantauan harga bahan keperluan pokok juga jadi salah satu sisi aktivitas dari Gugus Ramadan Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kegiatan bukan sekedar difokuskan pada keamanan serta ketertiban di orang-orang namun juga pada harga keperluan pokok, ” tuturnya.

Haryadi memberikan, bila berlangsung kenaikan harga bahan keperluan pokok, jadi mesti di cari pemicu intinya. “Apakah lantaran keinginan di orang-orang sangatlah tinggi atau lantaran suplai dari distributor terganggu hingga dapat dikerjakan antisipasi dengan cara pas, ” tuturnya.

0 Response to "Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Yogya Naik"

Poskan Komentar